Memilih Bahan Sintetis untuk sepatu

Hai guys sebelum kamu memilih sepatu ada baiknya nih kamu mengerti bahan-bahan sepatu khususnya sepatu berbahan sintesis yang beredar di pasaran biar kamu ngga salah pilih ya guys.


JENIS BAHAN SINTETIS / SYNTHETIC
Bahan sintetis merupabah bahan kulit buatan. Jenis bahan ini merupakan campuran dari bahan kimia yang memiliki banyak varian tekstur.
1.    BLUDRU
Kain halus dan lembut terbuat dari bahan sintetis yang bertumpukan dengan serat lainnya seperti katun, nilon, polyester. Mirip seperti bahan boneka. Beberapa kain bludru ada yang mengandung sutera tetapi biasanya hanya 14-18% saja karena bahan sutera sudah sangat mahal harganya. Ciri dari bahan bludru adalah mirip seperti tumpukan bulu yang sangat halus.
 


2.    CANVAS
Jenis bahan ini mudah dicuci atau dibersihkan hanya dengan di lap menggunakan kain. Jenis bahan kanvas berasal dari bahan turunan hemp dan sekarang juga telah terdiri atas bahan katun juga flax yang membuat bahan ini menjadi lebih tahan lama namun, kain kanvas memliki permukaan yang sangat kasar dan serat yang sangat besar.
 


3.    CANVAS LINEN
100% Polyester tetapi mempunyai tekstur seperti kanvas katun linen. Lebih tipis daripada kanvas biasa namun warna yang dihasilkan lebih cemerlang dan tidak luntur bila dicuci. Karena mengandung bahan linen bahan ini memiliki permukaan dan serat yang sangat halus. Apabila sering dicuci menggunakan air hangat bahan ini justru akan semakin halus. Namun harganya lebih mahal daripada kanvas pada umumnya.
 


4.    DENIM
Denim yang kita kenal adalah biasanya bahan untuk membuat pakaian tapi sekarang ini banyak kerajinan yang berbahan denim. Bahan jenis denim ini memang terbilang cukup kuat dan tahan lama. Namun, bahan ini bukan bahan yang terlalu sering dicuci karena akan lebih cepat rusak.  
 


5.    NYLON
Nylon adalah jenis bahan sintetis yang biasa digunakan untuk bahan sepatu olahraga. Nylon merupakan bahan yang cocok digunakan untuk bagian luar sepatu karena karakternya yang tipis atau enteng juga memiliki rongga untuk sirkulasi udara yang baik. Nylon menjadi bahan yang ideal karena memberikan ruang yang cukup untuk bernafas yang sangat dibutuhkan para atlet dengan pergerakan-pergerakan yang sangat tinggi.
 


MACAM-MACAM BAHAN OUTSOLE / BAHAN SOL
1.    RUBBER SOLE
Rubber sole atau yang biasa kita sebut sole karet ini sering di gunakan untuk sepatu safety atau sepatu lapangan, sole berbahan rubber ini tidak ada expirednya (kadaluwarsa), rubber sole ini selain kuat dan lentur, sole ini juga bisa kita tambah jahitan di samping di lem dan di press. Namun ada juga kekurangan dari sole ini yaitu lebih berat dan lebih licin.
Kelebihanya: Kuat dan lebih lentur dibanding bahan yg lain.
Kekuranganya: Lebih licin dibandingkan sole bahan lain dan lebih berat.
 


2.    PU (POLYRETHINE)
Bahan sole pu ( polyrethine ) adalah bahan sole yang anti slip dan ringan dan juga ringan tahan terhadap minyak (oil resistant) kalau di banding dengan sole berbahan lain , sole pu ini tergolong mahal , dan juga mempunyai expired date atau kadaluwarsa , jika sudah kadaluwarsa maka sole berbahan pu ini akan hancur sendiri seperti sepotong roti jika di biarkan dalam waktu yang lama.
Kelebihannya: Tahan terhadap minyak (oil resistant), ada anti slip & lebih ringan.
Kekurangannya: Memepunyai expired date jika sole lama tidak dipakai maka akan mudah hancur, bahkan bisa hancur sendiri seperti sebuah roti kalo dibiarkan lama, harganya lebih mahal dibanding sole dari bahan lain.
 


3.    TPR (THERMO PLASTIC RUBBER)
Sole dengan bahan ini adalah campuran dari bahan plastic dan rubber namun sole berbahan ini mempunyai kekurangan yaitu kurang elastis biasanya sole berbahan ini cocok di gunakan untuk poduksi sepatu yang tahan air, karena bahannya menggunakan campuran dari bahan plastic dan rubber maka sole berbahan ini tidak licin.
Kelebihan: Ringan, lebih keset jika dipakai tempat yang ada air.
Kekurangan: Kurang elastis.



4.    PVC (POLYVINYL CHLORIDE)
Terbuat dari lebih banyak bahan plastik dan sedikit karet.
Kelebihan: Sole lebih ringan & keras.
Kekurangan: Licin dan kurang elastis.



5.    SPONGE OUTSOLE
Sole dengan bahan ini biasanya digunakan untuk sandal santai berbahan sepon.


Sebagai informasi tambahan kalau sepatu bearsfoot sendiri menggunakan bahan Canvas Linen Soft yang membuat bahannya lebih halus dan hasil gambar dan warnanya terlihat lebih cerah daripada sepatu canvas biasa. Sedangkan untuk material outsole menggunakan bahan Rubber Sole yang telah dimodifikasi sehingga kuat, tahan lama, sangat lentur dan tidak licin dibandingkan bahan Rubber sole pada umumnya. Semua dilakukan demi kepuasan dan kenyamanan bro and sist semua pastinya :)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...